Kamis, 21 Juni 2012

PDRB Yogyakarta

PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO: SUPPLY SIDE
Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Yogyakarta pada tahun 2010 mencapai Rp5,505 milyar rupiah atas dasar harga konstan 2000 atau tumbuh lebih dari 50,9% dibanding tahun 2001 yang lalu. Sektor-sektor yang berperan besar terhadap pembentukan PDRB tersebut adalah sektor-sektor sekunder dan tersier yang meliputi Sektor Perdagangan, Hotel dan Restoran (rata-rata 25,06%); Sektor Jasa-jasa (21,8%); Sektor Transportasi dan Komunikasi (18,32%); Sektor Keuangan, Persewaan dan Jasa Perusahaan (14,03%) dan Sektor Industri Pengolahan (11,67%). Sumbangan sektor-sektor tersebut terhadap PDRB riil lebih adalah 90,88%.
Dalam kurun waktu 10 tahun tersebut, ada beberapa sektor yang kontribusinya semakin meningkat dan ada beberapa sektor yang kontribusi outputnya justru mengalami penurunan relatif terhadap total PDRB riil Kota Yogyakarta. Sektor Bangunan; Sektor Perdagangan, Hotel dan Restoran serta Sektor Transportasi dan Telekomunikasi adalah sektor-sektor yang terus memberikan kontribusi yang meningkat terhadap total PDRB riil Kota Yogyakarta. Dilihat dari perhitungan LQ Kota Yogyakarta (tidak disertakan), Sektor Listrik, Gas & Air Bersih; Sektor Perdagangan, Hotel dan Restoran; Sektor Transportasi & Telekomunikasi; Sektor Keuangan, Real Estate & Jasa Perusahaan serta Sektor Jasa-Jasa merupakan sektor-sektor ekonomi unggulan Kota Yogyakarta.

Struktur PDRB Riil Supply Side Kota Yogyakarta Tahun 2001-2011


Hasil Analisis Location Quotient PDRB Kota Yogyakarta





PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO: DEMAND SIDE
Dari sisi permintaan, PDRB Kota Yogyakarta, seperti halnya PDB Indonesia pada umumnya, didominasi oleh konsumsi, khususnya konsumsi rumah tangga. Namun, proporsi ini terus menurun setiap tahunnya. Sementara itu investasi yang dihitung dari Pembentukan Modal Tetap Domestik Bruto (PMTDB) terus meningkat tiap tahunnya. Ini berarti ada tambahan sumber pertumbuhan ekonomi baru yang berkualitas berasal dari investasi.Dilihat dari sudut pandang pertumbuhan, investasi di Kota Yogyakarta juga menunjukkan nilai yang selalu positif dari tahun ke tahun walau berfluktuasi.

Proporsi Jenis PDRB Demand Side Kota Yogyakarta Tahun 2001-2010


  Pertumbuhan PDRB Demand Side Kota Yogyakarta Tahun 2001-2011




SUMBER: http://www.gudeg.web.id/investasi/index.php?option=com_content&view=article&id=181&Itemid=255 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar