Definisi
HUD (Head-up display)
Head-up display, atau disingkat HUD, adalah
setiap tampilan yang transparan menyajikan data tanpa memerlukan pengguna untuk
melihat diri dari sudut pandang atau yang biasa. Asal usul nama berasal dari
pengguna bisa melihat informasi dengan kepala “naik” (terangkat) dan melihat ke
depan, bukan memandang miring ke instrumen yang lebih rendah.
Sejarah HUD
HUD pertama kali diperkenalkan pada tahun
1950-an, dengan adanya teknologi reflektif gunsight pada perang dunia ke dua.
Saat itu, suatu tembakan dihasilkan dari sumber listrik yang diproyeksikan ke
sebuah kaca.
Dengan menggunakan reflektif gunshight pada
pertempuran udara, pilot harus “mengkalibrasi” pandangannya secara manual. Hal
ini dilakukan dengan memasukkan lebar sayap target pada sebuah penyetelan roda
yang diikuti dengan penyesuaian mata, sehingga target yang bergerak dapat
disesuaikan dengan bingkai yang diarahkan kepadanya. Dengan melakukan hal
tersebut, maka hasilnya akan terjadi kompensasi terhadap kecepatan, penembakan
peluru, G-load, dll.
Pada tahun 1950-an, gambar dari efletif gunsight
diproyeksikan ke sebuah CRT (Cathode
Ray Tube) yang dikendalikan oleh komputer yang terdapat pada
pesawat. Hal inilah yang menandai kelahiran teknologi HUD modern. Komputer
mampu mengkompensasi akurasi dan menyesuaikan tujuan dari kursor secara
otomatis terhadap faktor, seperti range, daya percepatan, tembakan peluru,
pendekatan target, G-load, dll.
Generasi
HUD
·
Generasi Pertama – Gunakan CRT untuk menghasilkan
sebuah gambar pada layar fosfor, memiliki kelemahan dari degradasi dari waktu
ke waktu dari lapisan layar fosfor. Mayoritas HUDs beroperasi saat ini adalah
dari jenis ini.
·
Generasi Kedua – Gunakan sumber cahaya padat,
misalnya LED, yang dimodulasi oleh sebuah layar LCD untuk menampilkan gambar.
Ini menghilangkan memudar dengan waktu dan juga tegangan tinggi yang dibutuhkan
untuk sistem generasi pertama. Sistem ini pada pesawat komersial.
·
Generasi Ketiga – Gunakan waveguides optik untuk
menghasilkan gambar secara langsung dalam Combiner daripada menggunakan sistem
proyeksi.
Teknologi HUD
·
CRT (Cathode Ray Tube) , Hal yang sama
untuk semua HUD adalah sumber dari gambar yang ditampilkan, CRT, yang
dikemudikan oleh generator. Tanda generator mengirimkan informasi ke CRT
berbentuk koordinat x dan y. Hal itu merupakan tugas dari CRT untuk
menggambarkan koordinat senagai piksel, yaitu grafik.
·
Refractive HUD , Dari CRT, sinar diproduksi
secara paralel dengan sebuah lensa collimating. Sinar paralel tersebut
diproyeksikan ke kaca semitrasnparan (kaca gabungan) dan memantul ke mata
pilot. Salah satu keuntungan dari reaktif HUD adalah kemampuan pilot untuk
menggerakkan kepalanya dan sekaligus melihat gambar yang ditampilkan pada kaca
gabungan.
·
Reflective HUD, Kerugian dari HUD reflektif
adalah akibatnya pada besarnya tingkat kompleksitas yang terlibat dalam
meproduksi penggabungan lekungan dari segi materi dan rekayasa. Keuntungan
besarnya adalah kemampuan pada peningkatan tanda brightness (terang),
meminimalisir redaman cahaya dari pemandangan visual eksternal dan adanya
kemungkinan untuk menghemat ruang di kokpit, karena lensa collimating yang
tidak diperlukan.
·
System Architecture HUD, komputer mengumpulkan
informasi dari sumber – sumber seperti IRS (Inertial Reference System),
ADC (Air Data Computer), radio altimeter, gyros, radio navigasi dan
kontrol kokpit.
·
Display Clutter, Salah satu perhatian penting
dengan simbologi HUD adalah kecenderungan perancang untuk memasukkan data
terlalu banyak, sehingga menghasilkan kekacauan tampilan.
Sumber :
http://freezcha.wordpress.com/2010/11/16/hud-head-up-display-system/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar